09 February 2022, 14:22 WIB

Bank Mandiri Dukung Presidensi G20 melalui Kinerja Proses Bisnis


Fetry Wuryasti | Ekonomi

DOK Istimewa.
 DOK Istimewa.
Ilustrasi.

BANK Mandiri turut mendukung perhelatan Presidensi G20 Indonesia. Bank milik negara itu bakal melibatkan diri dalam tiga topik utama yang diusung G20 yaitu penguatan sistem kesehatan global, transformasi ekonomi dan digitalisasi, serta transisi energi yang menekankan kepada isu ekonomi rendah karbon.

"Bank Mandiri juga terlibat dalam beberapa diskusi global pada sesi B20," kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaedi pada konferensi pers Mandiri Invesment Forum 2022, Rabu (9/2). Pertama, terkait dengan penguatan sistem kesehatan global, fokus dari peran Bank Mandiri untuk intermediasi keuangan secara berkelanjutan di sektor kesehatan memiliki porsi yang cukup besar dan dialokasikan untuk ekspansi bisnis bank.

Terkait transformasi ekonomi dan digitalisasi yang sejalan dengan transformasi digital Bank Mandiri, seperti superapps Livin Mandiri bagi nasabah ritel dan superplatform wholesale digital bank (Kopra). "Bersama-sama dengan kami berpartisipasi aktif dengan merah putih venture fund, nanti melalui Mandiri Capital Indonesia, untuk meningkatkan pertumbuhan digital ekonomi Indonesia," kata Darmawan.

Pencapaian secara pengguna saat ini sudah ada lebih dari 10 juta untuk aplikasi mobile banking Livin dan cross transaction value Livin sudah tembus Rp1.700 triliun. "Sementara Kopra sudah tembus Rp11 ribu triliun. Dari volume tersebut bisa dilakukan komparasi dengan para player di digital lain, rasanya sangan relevan kalau Bank Mandiri saat ini fokus pada layanan digital yang sudah dijalankan," kata Darmawan.

Baca juga: Lebih dari Satu Dekade, Intip Strategi Kunci Dan+Dan Bersaing di Industri Kecantikan

Terkait transisi energi, beberapa inisiatif saat ini telah dilakukan bersama-sama dengan para nasabah besar BMRI, yang secara bertahap sudah memiliki blueprint untuk melakukan transisi energi. Pembiayaan BMRI juga akan mengikuti rencana tersebut.

"Kami akan menuju kepada ekonomi rendah karbon sesuai kesepakatan Cop26 Glasgow 2021. Dalam konteks tersebut, Bank Mandiri melihat tantangan 2022 dan ke depan sangat relevan dengan topik yang diusung G20 tahun 2022," kata Darmawan. (OL-14)

BERITA TERKAIT