04 February 2022, 14:56 WIB

Ada Tol Binjai-Stabat, Jokowi Sebut Harga Komoditas Lokal tak Kalah dengan Impor


Dhika Kusuma W | Ekonomi

ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
 ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Ruas Tol Binjai-Stabat

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan tol Binjai-Stabat di Sumatra Utara, Jumat (4/2). Presiden meresmikan rampungnya ruas tol Binjai-Langsa Seksi 1 sepanjang 11,8 km.

Dalam peresmian itu, Presiden turut menyinggung kunjungannya ke kampung jeruk di Liang Melas Datas, Kabupaten Karo. Menurutnya, akan sangat berdampak positif jika jalan tol dihubungkan dengan sentra-sentra produksi. Infrastruktur yang memadai akan menurunkan ongkos transportasi sehingga mendorong harga komoditas kompetitif.

"Seperti contoh tadi jeruk, jalan desanya kita perbaiki untuk menuju jalan utama ke sini. Harga jeruknya akan sangat kompetitif. Saya berani menjamin tidak akan kalah harganya dibandingkan dengan harga-harga impor," ucap Presiden.

Baca juga: Presiden: Tol Binjai-Stabat Pangkas Biaya Logistik 75%

Kepala Negara menegaskan dengan kemajuan infrastruktur akan bisa dikembangkan potensi-potensi yang ada di daerah selain juga mempercepat konektivitas antardaerah.

"Saya titip agar infrastruktur yang baik ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung usaha-usaha baru, meningkatkan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Jokowi.

Ruas jalan tol yang diresmikan itu merupakan bagian dari total rencana pembangunan sepanjang 131 km. Presiden menyampaikan jalan tol itu nantinya akan menghubungkan Sumatra Utara dengan Aceh.

Presiden menegaskan pembangunan infrastruktur jalan tol yang tersambung antarprovinsi juga akan menghubungkan sentra-sentra produksi daerah yang memiliki potensi besar. Baik itu pertanian, perkebunan, pariwisata, dan lain sebagainya.(OL-5)

BERITA TERKAIT