03 February 2022, 12:38 WIB

Biznet Siap Perluas Jaringan Internet ke Ibu Kota Baru


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MI/Insi Nantika Jelita
 MI/Insi Nantika Jelita
Vice President (VP) of Marketing Biznet Bagus Wicaksono dalam Biznet Online Press Conference, Kamis (3/2).

Perusahaan infrastruktur digital terintegrasi, Biznet berencana memperluas jaringan internet ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Vice President (VP) of Marketing Biznet Bagus Wicaksono menegaskan, pihaknya akan memperkuat jaringan internet di sekitar daerah IKN dengan membuka kantor cabang di Kaltim, yaitu Biznet Branch Balikpapan Damai, Branch Balikpapan Karingau dan Branch Samarinda Gunung Kelua.

"Kami memang ingin mengembangkan (layanan internet) di kota-kota Kalimantan yang sudah eksisting. Kebetulan ada wacana pemerintah dengan Ibu Kota Nusantara. Kami akhirnya melihat opportunity (kesempatan) ini dan mempersiapkan dari sekarang," ujarnya dalam Biznet Online Press Conference, Kamis (3/2).

Untuk infrastruktur, Biznet mengaku tengah menyiapkan kabel internet bawah laut yang menghubungkan beberapa daerah untuk menunjang kapasitas internet di IKN. Seperti menyambungkan jaringan backbone broadband dari Kalimantan menuju Sumatra.

"Kami juga mempersiapkan kabel backbone dari Kalimantan connect ke Sulawesi, dari Sulawesi connect ke Labuan Bajo, NTT. Sehingga kita bisa memiliki ring kabel. Kalau sudah bisa ring (menyambung), kami berharap bisa memberikan layanan internet yang sama di sana (IKN)," jelas Bagus.

Cakupan layanan Biznet diketahui telah mencapai lebih dari 130 kota di Indonesia dengan jumlah 55 ribu kilometer kabel serat optik yang tersebar di sepanjang Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Bangka, Batam, Sulawesi, Kalimantan dan Flores.

Perusahaan itu juga akan merambah perluasan jaringan dengan membuka kantor cabang di Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, dan NTT.

Khusus di IKN, Biznet memastikan akan menguatkan jaringan internet di sekitar kawasan ibu kota baru tersebut.

"Dengan kta punya koneksi jaringan kabel yang luas dan kita sudah persiapkan dari sekarang, tentunya kita bisa memberikan layanan yang sama dan layanan terbaik di sana. Soal IKN, kita tidak tahu ini kapan (dikerjakan), tapi kami siap dan sekarang hidupkan (internet) dulu kota surrounding di sana," pungkasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT