30 January 2022, 17:30 WIB

Lion Air kembali Layani Penerbangan Yogyakarta-Pekanbaru


Ihfa Firdausya | Ekonomi

AFP/Chaideer Mahyuddin.
 AFP/Chaideer Mahyuddin.
Pesawat Lion Air.

LION Air (kode penerbangan JT) segera membuka kembali (reoperate) rute Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA) ke Bandar Udara Interansional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau (PKU). Penerbangan perdana kembali dijadwalkan pada 9 Februari 2022 (Yogyakarta ke Pekanbaru) dan 10 Februari 2022 (Pekanbaru ke Yogyakarta) dengan frekuensi terbang tujuh kali sepekan (satu kali sehari).

Adapun harga tiket mulai dari Rp935.200 rute Yogyakarta ke Pekanbaru dan Rp965.500 Pekanbaru ke Yogyakarta. Lion Air juga menawarkan layanan uji kesehatan covid-19 kepada setiap calon penumpang yang dilaksanakan oleh tenaga medis di mitra kerja sama fasilitas kesehatan yang sudah terafiliasi Kementerian Kesehatan dan terkoneksi di Pedulilindungi.

Untuk tarifnya, RDT-antigen dipatok Rp35.000 untuk keberangkatan dari Yogyakarta dan Pekanbaru. Sementara RT-PCR seharga Rp225.000 untuk keberangkatan dari Yogyakarta dan Pekanbaru.

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro menyebut rute Yogyakarta-Pekanbaru dan sebaliknya dibuka kembali untuk mengakomodasi permintaan pasar kategori perjalanan bisnis, pendidikan, keluarga, hingga wisata. Hal ini sejalan dengan kampanye Kota Istimewa Ayo Jelajahi Indonesia: Yogyakarta dan Bumi Lancang Kuning Ayo Jelajahi Indonesia: Pekanbaru.

"Lion Air mengharapkan sektor domestik dari Jawa bagian selatan ke Pulau Sumatra dapat mendukung program percepatan pemulihan perekonomian di masing-masing daerah, termasuk mendorong penggunaan produk-produk lokal (UMKM) sejalan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)," jelas Danang dalam keterangan resmi, Minggu (30/1). Menurutnya, rute ini semakin menarik minat orang bepergian menggunakan pesawat udara karena pelaksanaan operasionalnya tetap memenuhi faktor-faktor keselamatan, keamanan, dan sesuai dengan pedoman protokol kesehatan.

Untuk rute Yogyakarta-Pekanbaru dan sebaliknya, Lion Air mempersiapkan dan akan mengoperasikan jenis pesawat Boeing 737-800NG yang berkapasitas 189 kelas ekonomi. Seluruh armada Lion Air dilengkapi high efficiency particulate air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat.

Baca juga: Pemerintah Dukung Pemberdayaan UMKM untuk Perkuat Stabilitas Ekonomi Daerah

Sebagai informasi, HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) juga langsung dialirkan ke luar pesawat. (OL-14)

BERITA TERKAIT