17 January 2022, 18:53 WIB

PLN Siapkan Listrik Tanpa Kedip Jelang MotoGP Mandalika


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
 ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Sirkuit Mandalika

JELANG tes pra musim MotoGP 2022 yang akan dihelat 13 – 15 Februari 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat, PLN menghadirkan layanan Zero Down Time (ZDT) atau listrik tanpa kedip

Untuk merealisasikan layanan ZDT, PLN mengaku telah melakukan beberapa persiapan di lokasi seperti inventarisasi ulang kebutuhan material, peralatan cadangan, pemasangan kabel di beberapa titik dan mobilisasi beberapa peralatan ke sirkuit.

Baca juga: Prudential Indonesia Respons Aksi Nasabah Unit Link

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran mengungkapkan sumber pasokan listrik dari dua Gardu Induk (GI), yakni GI Kuta dan GI Sengkol.

“Sebanyak 18 unit gen set, 17 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dan 6 buah Unit Gardu Bergerak akan tetap disiapkan sebagai peralatan back-up apabila terjadi gangguan pada suplai utama," jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (17/1).

Lasiran menjelaskan bahwa PLN berkoordinasi dengan PT Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC), utamanya terkait dengan titik-titik di area sirkuit yang memerlukan aliran listrik.

Sebelumnya, pada gelaran World Superbike (WSBK) di Mandalika lalu, PLN menyiapkan pasokan listrik di enam lokasi tersebar, yakni main pit building, observation deck, medical center, bright sore, race control dan juga TV compound . 

“Terdapat satu lokasi tambahan yang harus dipersiapkan kebutuhan listriknya oleh PLN, yaitu VIP Village. Saat ini, proses penyambungannya sedang dikerjakan oleh tim di lapangan," tutur Lasiran.

Di sisi pembangkitan, PLN juga memastikan bahwa kondisi sistem dalam status normal. Saat ini beban puncak Sistem Kelistrikan Lombok adalah 264 megawatt/MW dengan daya mampu pembangkit adalah sebesar 329 MW. Terdapat cadangan daya sebesar 65 MW yang masih dapat digunakan oleh masyarakat. 

“Untuk kesiapan energi primer juga aman. Kesiapan batu bara dan juga kemampuan pembangkit, terus kami pantau hingga gelaran MotoGP terlaksana di Maret mendatang," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT