09 January 2022, 11:34 WIB

Pembangunan Underpass Simpang Joglo di Surakarta Dimulai Akhir 2022


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

Antara
 Antara
Ilustrasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai pembangunan Underpass Simpang Joglo Kota Surakarta di akhir tahun ini.

Underpass ini untuk mendukung pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan – Kalioso dan kelancaran mobilitas di Simpang Joglo Kota Surakarta selama ini kerap terjadi kemacetan akibat persimpangan sebidang jalur kereta api. "Saat ini sedang disiapkan Nota Kesepahaman, sehingga masing-masing pihak mengetahui dalam mengatasi kemacetan di Simpang Joglo," kata Dirjen Bina Marga PUPR Hedy Rahadian dalam keterangannya, Minggu (9/1).

Menurutnya, Kementerian PUPR juga mendukung pembangunan Underpass Jalan Nasional Jl. Ki Mangunsarkoro – Jl. Sumpah Pemuda. Disamping itu, turut terlibat dalam penyusunan desain manajemen lalu lintas Simpang Joglo Kota Surakarta. "Serta memberikan masukan teknis dalam pembangunan jalan layang kereta api. seluruh pekerjaan direncanakan akan selesai pada 2024," jelas Hedy.

Simpang Joglo dinilai pemerintah sudah lama bermasalah dalam hal arus lalu lintas, padahal jalur ini merupakan jalur logistik nasional non - tol penghubung Surabaya - Jakarta. "Kementerian PUPR akan mendukung dengan membangun underpass dibawahnya," sambungnya.

Saat ini PUPR tengah mempersiapkan pembebasan lahan dan desain underpass. Ditargetkan pada awal semester II tahun ini disiapkan penyedia jasanya sehingga akhir 2022 sudah mulai konstruksi. "Underpass tersebut memiliki total panjang total 434 meter dengan lebar 18 meter, dan konstruksinya ditargetkan akan rampung pada 2024 mendatang," tambah Hedy

Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, berbagai pihak terlibat dalam pembangunan proyek itu. "Apa yang kita kerjakan antara pemerintah pusat dan daerah, dibantu TNI, Polri hingga BUMN, kalau gotong royong pasti selesai itu," ucapnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT