23 December 2021, 14:30 WIB

1 Januari 2022, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

Antara/M Risyal Hidayat.
 Antara/M Risyal Hidayat.
Suasana di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

BANDARA Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, mulai ditutup per 1 Januari 2022 untuk revitalisasi sarana tersebut. Bandara tersebut mengalami penurunan kualitas fasilitas, terutama pada runway atau landasan pacu.

"Bandara halim akan ditutup mulai 1 Januari. Ini perintah Bapak Presiden Joko Widodo, karena Pak Presiden merasakan betul runway-nya sudah kasar," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Jakarta, Rabu (22/12).

Fadjar menyebut sudah lama bandara Halim Perdanakusuma tidak diperbaiki, sehingga fasilitas yang ada terlihat tua. Selain itu, ada penurunan tanah di sekitar landasan pacu bandara tersebut.

"Mengenai tanah terjadi penurunan. Bapak Presiden memerintahkan untuk dilaksanakan perbaikan secara total. Harapannya dengan perbaikan itu nanti usia runway bisa dipakai untuk 20 tahun ke depan," kata dia.

Selain runway, perbaikan juga dilakukan pada renovasi gedung VVIP dan terminal di bandara tersebut. Kemudian, pelataran pesawat atau apron, yakni sebagai tempat parkir pesawat terbang juga diperbaiki. Dengan demikian, penerbangan TNI Angkatan Udara maupun untuk pejabat negara dipindahkan sementara ke Bandara Soekarno Hatta

"Ada beberapa satuan yang harus dipindah untuk sementara. Pertama, Skuadron 17, itu untuk kegiatan Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden. Kita mendapat tempat di Soekarno-Hatta. Pesawat-pesawat akan diberi ruang di sana," jelas Fadjar.

Baca juga: Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Tembus 100 Ribu Saat PPKM

Untuk Skuadron Udara 31 dan Skuadron Udara 2 akan dipindahkan ke Lanud Husein Sastranegara, Bandung. Ini karena jarak yang dekat dan fasilitas di sana cukup untuk menampung operasi penerbangan termasuk akomodasi dan personel yang dipindahkan. (OL-14)

BERITA TERKAIT