30 November 2021, 20:23 WIB

Kawasan Industri Terpadu Batang Percepat Pemulihan Ekonomi


Haryanto | Ekonomi

dok.ist
 dok.ist
Staf khusus Menakertrans Caswiyono Rusdye Cakrawangsa

Jakarta – Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dinilai sebagai salah satu project strategis nasional yang bisa berdampak pada pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional. Hal itu disampaikan Staf Khusus Kemnaker RI Caswiyono Rusydie Cakrawangsa, Selasa (30/11).  “Penting untuk kita melakukan kolaborasi dukung KITB untuk wujudkan pusat pelayanan ketenagakerjaan terpadu yang bisa berdampak pada percepatan pada pemulihan dan tumbuhnya ekonomi nasional” , kata Caswi. 

Kepada stakeholder, tidak hanya kementerian tapi dari perwakilan pemerintah daerah, industri, investor perbankan, akademisi, dan masyarakat pinta Caswi untuk bahu membahu mendukung project strategis nasional tersebut.  

“Semua elemen harus melakukan kolaborasi dan sinergi untuk mendukung seluruh Kawasan industri yang sangat besar ini,” tandasnya. 

Kawasan industry kata Caswi akan berdampak luas juga untuk masyarakat, khususnya masyarakat lokal agar tidak hanya menjadi penonton tumbuh kembangnya kawasan indutri di daerahnya.  

“Niat baiknya adalah mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan memastikan semua orang bisa bekerja, mengatasi pengangguran, dan bagaimana juga masyarakat lokal khususnya juga bisa merasakan positifnya.  Pengangguran disana terserap, “ katanya. 

Kompetensi SDM kata Caswi juga harus dikedapankan, agar insdutry dikawasan industry itu menyerap sumber daya sesuai dengan kompentensi yang dibutuhkan. Bagi masyarakat yang tidak kompeten karena industry jelas membutuhkan orang orang yang kompeten maka pinta Caswi harus dilatih terlebih dahulu. 

“Maka itulah peran dari pelatihan ketenagakerjaan, setelah dilatih tidak cukup, karena industry membutuhkan pengakuan kompetensi adalah sertifikasi maka disini saya undang badan sertifikasi nasional yang tugasnya adalah memastikan proses sertifikasi itu terjadi di Kawasan industry agar industry mendapatkan orang orang terbaik,” paparnya. (OL-13)

BERITA TERKAIT