02 November 2021, 19:54 WIB

Luhut : Indonesia Mau Pensiunkan PLTU, Pendiri Amazon Ikut Investasi


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MI/Insi Nantika Jelita
 MI/Insi Nantika Jelita
Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan

PENDIRI raksasa e-commerce Amazon, Jeff Bezos akan terlibat dalam investasi energi bersih di Indonesia dalam hal rencana menghentikan operasional pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara.

Hal ini diutarakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di sela agenda United Nations Climate Change Conference (COP26) di Glasgow, Skotlandia, Selasa (2/11).

Adapun anggaran yang dibutuhkan untuk mempensiunkan seluruh PLTU di Tanah Air mencapai Rp3.500 triliun. Keterlibatan Bezos sendiri melalui lembaga yang dibangun miliarder itu, Bezos Earth Fund.

"Saya juga bertemu dengan Jeff Bezos dan menyampaikan ucapan terima kasih atas investasinya di Indonesia. Tak lupa menyambut baik investasi Earth Fund untuk program Energy Transition Mechanism Indonesia yang akan melaksanakan early retirement (pensiun dini) PLTU batu bara," tulis Luhut dalam akun sosial medianya.

Baca juga: Incar Energi Bersih, PLN Gandeng ADB untuk Pensiunkan PLTU

Namun, tak didetailkan berapa nominal investasi yang dikucurkan Bezos tersebut.

Bezos Earth Fund diketahui memiliki dana US$10 miliar untuk membantu memerangi perubahan iklim. Lembaga itu akan berinvestasi pada penilitian oleh ilmuwan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) aktivis, dan sektor swasta untuk membantu mendorong teknologi baru dalam perubahan iklim dan lainnya.

Selain Luhut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani juga mengaku bertemu secara langsung oleh Jeff Bezos. Kedua pihak membahas energi terbarukan dan manufaktur solar di Tanah Air.

Indonesia, ungkap Menkeu, memiliki berbagai potensi sumber daya dalam energi terbarukan guna menurunkan emisi karbon dan efek rumah kaca untuk menghindari bencana perubahan iklim.

"Peranan swasta dalam negeri dan global sangat penting dalam keberhasilan upaya tersebut," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT