22 October 2021, 14:40 WIB

Nakes bisa Ikuti Staycation Gratis dari Kemenparekraf, Ini Syaratnya


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

Antara
 Antara
Ilustrasi

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyediakan program apresiasi yang ditujukan bagi tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan (faskes) penanganan covid-19. Program itu ialah berlibur secara staycation atau menghabiskan waktu dan menginap di hotel di dalam negeri. "Seiring dengan melandainya grafik covid-19, kami mempersilakan para tenaga kesehatan untuk memanfaatkan program staycation yang saat ini sedang dipersiapkan oleh Kemenparekraf," ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (22/10).

Sandiaga menjelaskan program staycation ini merupakan bagian dari program reaktivasi industri pariwisata melalui penyediaan akomodasi, fasilitas pendukung lainnya, serta sarana transportasi bagi tenaga kesehatan dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan penanganan covid-19 di Tanah Air.
Ia menyebutkan bahwa kegiatan reaktivasi ini diharapkan memiliki multiplier effect, yakni adanya kenaikan kenaikan occupancy atau tingkat hunia hotel sebesar 40%. 

Sehingga, hal ini bisa memberikan dampak mempekerjakan kembali karyawan yang telah dirumahkan, baik yang berasal dari industri perhotelan maupun moda transportasi darat. "Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan keterlibatan tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung pada kegiatan reaktivasi industri sebanyak kurang lebih 8.600 orang," tandasnya.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya menjelaskan, para nakes dan tenaga penunjang faskes yang nantinya ingin memanfaatkan program staycation agar melampirkan surat rekomendasi dari rumah sakit.
"Jadi mohon bantuan dari pihak rumah sakit untuk memberikan list nama para nakes yang bisa menerima penghargaan dari Kemenparekraf ini," ucapnya.

Sementara, Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Trimartani menyambut baik langkah Kemenparekraf yang berinisiasi memberikan bantuan akomodasi, fasilitas, serta sarana transportasi bagi tenaga kesehatan dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan penanganan covid-19. "Alhamdulillah, Kemenparekraf telah menyediakan tempat refreshing untuk para nakes dan tenaga penunjang faskes," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT