20 October 2021, 12:46 WIB

Sandiaga Uno: Peningkatan Kualitas Kemasan Dongkrak Pemasaran


mediaindonesia.com | Ekonomi

Ist
 Ist
Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

SALAH satu peningkatan penjualan adalah dengan cara pemasaran yang baik. Namun, pemasaran yang baik tentunya harus dikemas atau packaging dengan desain produk yang baik. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pengembangan subsektor desain produk di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, lewat program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia.

Dia menegaskam, produk di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) sudah sangat baik namun desain produk perlu ditingkatkan untuk membuka lapangan kerja seluas mungkin. Bila memang sudah baik, bisa menjadi salah penggerak pertumbuhan ekonomi.

"Oleh karena itu, perlu ada kolaborasi dari para pemangku kepentingan agar dapat meningkatkan potensi sektor ekonomi kreatif yang ada di wilayah tersebut," kata Sandiaga dalam keterangan pers, Rabu (20/10).

"Dengan semakin meningkatnya ekonomi kreatif di Indonesia, maka ini menjadi peluang besar bagi munculnya usaha atau bisnis baru yang membantu menyelesaikan permasalahan pengangguran di Indonesia," kata Menparekraf. 

Kemenparekraf/Baparekraf terus melakukan upaya pengembangan desain produk melalui program dan kegiatan yang relevan, seperti Bedakan atau Bedah Desain Kemasan.

Bedakan adalah sebuah program pendampingan pelaku usaha dengan tujuan mengedukasi, membantu, memulihkan, meningkatkan perekonomian dan pendapatan pelaku industri kreatif  melalui pembuatan identitas visual, redesain kemasan dan bantuan pencetakan kemasan,.

Selain itu, inkubasi fesyen dan kriya berupa pendampingan pelaku fesyen dan kriya untuk menghasilkan  produk berkelanjutan dengan kualitas produk yang memiliki potensi untuk dikembangkan dengan lebih baik sehingga  memiliki nilai jual dan berdaya saing di tingkat nasional dan juga melalui workshop KaTa Kreatif. 

"Dengan berbagai kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pemikiran kreatif para peserta, sehingga mereka dapat terus berkarya dengan bekal materi kreativitas, permodelan bisnis, promosi digital, dan pengelolaan keuangan serta permodalan," papar Sandiaga.

Terkait peningkatan pemasaran hasil berbagai macam desain produk di Kabupaten Bogor, strategi yang saat ini tengah gencar dilakukan yaitu melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Gernas BBI.

"Gernas Bangga Buatan Indonesia adalah program totalitas yang melibatkan lebih dari 20 kementerian dan lembaga untuk mempercepat proses transformasi dan digitalisasi," tuturnya.(RO/OL-09)

BERITA TERKAIT