21 September 2021, 21:16 WIB

Pembangunan Rumah AS Dipercepat untuk Tutup Kesenjangan Pasokan


Mediaindonesia.com | Ekonomi

AFP/Chris Delmas.
 AFP/Chris Delmas.
Rumah sedang dibangun di Culver City, Los Angeles, Amerika Serikat.

PEMBANGUNAN rumah di Amerika Serikat dipercepat pada bulan lalu. Ini karena perusahaan konstruksi memenuhi kebutuhan pasar realestat yang kekurangan pasokan.

"Proyek perumahan yang dimulai bulan lalu naik 3,9% dari Juli menjadi lebih dari 1,6 juta,", kata Departemen Perdagangan dalam laporannya. Angka itu berada di atas perkiraan analis.

Amerika Serikat melihat ledakan realestat karena suku bunga pinjaman yang rendah dan gejolak pandemi covid-19 mendorong orang untuk pindah. Ini menyebabkan kekurangan pasokan yang telah mendorong harga naik dan mengerek pembangunan rumah.

Bangunan multiunit mengalami peningkatan besar karena konstruksi mulai naik 21,6% pada Agustus. Akan tetapi proyek rumah keluarga tunggal turun 2,8%.

Penurunan konstruksi rumah merupakan indikasi bahwa ledakan realestat mungkin kehabisan tenaga, kata Ian Shepherdson dari Pantheon Macroeconomics. Ia memperkirakan indikatornya akan segera dingin. "Pembangunan di pinggiran kota yang memicu ledakan penjualan rumah, harga dan aktivitas konstruksi telah berakhir, meskipun permintaan hipotek telah naik kembali dalam dua bulan terakhir," tulisnya dalam suatu analisis.

Perkembangan konstruksi sangat berbeda di seluruh negeri. Di timur laut konstruksi meroket 167,2%, midwest dan selatan membukukan keuntungan, sedangkan barat merosot 21,1%.

Baca juga: Tumbuh saat Pandemi, Amazon akan Rekrut 125 Ribu Pekerja

Perizinan, salah satu indikator volatilitas perumahan, naik 6% bulan lalu menjadi lebih dari 1,7 juta yang disesuaikan secara musiman. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT