20 September 2021, 17:15 WIB

Kemungkinan PPKM Kembali Diperpanjang, Rupiah Tertekan


Fetry Wuryasti | Ekonomi

ANTARA
 ANTARA
Suasana kawasan Patung Kuda, Jakarta, di tengah penerapan PPKM skala mikro. 

DALAM perdagangan Senin (20/9), nilai tukar rupiah ditutup melemah 20 poin di level Rp 14.242.  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali yang dimulai 7 September lalu akan berakhir hari ini, Senin (20/9).

Pemerintah telah memberlakukan PPKM Level 4,3, dan 2 dalam kali ke-9 perpanjangan sejak awal penanganan pandemi covid. Hingga kemarin masih ada tambahan kasus positif Covid-19. Kemarin ada tambahan 2.234 kasus baru. Sehari sebelumnya kasus positif bertambah 3.385 kasus.

Baca juga: Merger BUMN Pangan, Jokowi Bubarkan Pertani hingga Perinus

"Melihat dari tren sebelumnya, bakal ada perpanjangan pemberlakuan PPKM. Besar kemungkinan banyak terjadi penurunan level PPKM di sejumlah wilayah Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari penurunan sejumlah kasus yang dinilai signifikan," kata Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi, Senin (20/9).

Dalam sepekan terakhir, rata-rata terjadi penambahan kasus positif sebanyak 3.000an kasus. Secara kumulatif, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 4,19 juta dengan angka kematian 140 ribu kasus.

Pemerintah berkomitmen akan terus menerapkan PPKM di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali selama virus corona belum sepenuhnya hilang. Penerapan PPKM di Jawa-Bali akan dievaluasi tiap satu pekan dan di luar Jawa-Bali tiap dua pekan sekali.

Meski terus memberlakukan PPKM namun pemerintah juga telah melonggarkan pembatasan di sejumlah daerah. Pemerintah mulai mengizinkan berbagai fasilitas umum beroperasi seperti mal, taman bermain, tempat rekreasi, pasar, hingga bioskop.

Secara bersamaan pemerintah terus menggenjot vaksinasi di 34 provinsi dan dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, salah satunya syarat telah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama.

Terkait dengan vaksin, Indonesia kembali menerima kedatangan 1.140.750 vaksin Pfizer dalam bentuk jadi yang merupakan donasi Amerika Serikat (AS) melalui Covax Facility. Dengan kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-69 ini, Indonesia memiliki stok sebanyak 257.350.400 dosis. (OL-6)

BERITA TERKAIT