09 September 2021, 23:40 WIB

Pertamina Berupaya Mendorong Pelaku UMKM Binaan agar Naik Kelas


Mediaindonesia.com | Ekonomi

MI/Yoseph Pencawan
 MI/Yoseph Pencawan
Seorang perajin/penenun kain Ulos sedang beraktivitas di kawasan Danau Toba.

PT Pertamina mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan agar naik kelas kendati di masa pandemi COVID-19.

Area Manager Communication, Relations & CSR MOR VII, PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan program Kemitraan Pertamina yang berfokus membina para UMKM dilakukan oleh Pertamina secara berkelanjutan sebagai upaya mendorong para UMKM binaan agar bisa naik kelas dan mengembangkan usahanya.

"Bahkan dalam pembinaan tersebut, Pertamina memotivasi para UMKM binaannya agar dapat membantu masyarakat sekitar untuk menyediakan lapangan pekerjaan atau dikenal dengan konsep sociopreuneur," kata Laode, di Manado, Kamis.

Dia menjelaskan UMKM Binaan Pertamina diarahkan agar bisa terus suistain secara bisnis di tengah pandemi.

Beragam pelatihan seperti bagaimana mampu memanfaatkan digital marketing pun dilakukan agar UMKM binaan bisa beradaptasi dengan cepat dan menangkap peluang bisnis ditengah kondisi seperti ini.

"Kita harapkan UMKM Binaan Pertamina terus mampu naik kelas,” katanya.

Pertamina berkomitmen untuk terus menjalankan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG). Prinsip tersebut dipercaya karena perusahaan akan tumbuh beriringan dengan lingkungan dan komunitas sosial dengan memperhatikan kepatuhan pada regulasi yang ada.

Melalui pembinaan kepada UMKM ini, Pertamina mendukung Tujuan Pengembangan Berkelanjutan (TPB/SDGs) nomor 5 yaitu kesetaraan gender. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT