29 July 2021, 18:53 WIB

Ciputra Bagikan Dividen Rp 157,5 Miliar kepada Pemegang Saham


Mediaindonesia.com | Ekonomi

Dok Ciputra
 Dok Ciputra
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Ciputra Development Tbk yang digelar virtual, Kamis (29/7).

PT Ciputra Development Tbk memutuskan untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp 157,5 miliar atau Rp 8,50 kepada para pemegang saham. Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar Kamis (29/7).

Direktur Utama Ciputra Development Candra Ciputra mengatakan, dividen tunai bernilai sekitar 12 persen dari alokasi penggunaan laba bersih tahun buku 2020. "Tahun 2020, Ciputra Development mencatatkan laba bersih Rp 1,3 triliun dari total pendapatan sebesar Rp 8 triliun," jelas Candra dalam keterangan resmi. 

Pendapatan tersebut diperoleh dari segmen pengembangan properti yang meliputi penjualan rumah tapak, rumah toko (ruko), tanah, apartemen, dan gedung perkantoran sebesar Rp 6,5 triliun. Sementara itu, segmen pendapatan berulang yang terdiri atas pusat perbelanjaan, hotel, sewa kantor, dan rumah sakit mencapai Rp 1,4 triliun.

Baca jugaPLN Cetak Laba Bersih Rp6,6 T di Semester I 2021

Sepanjang tahun lalu, Ciputra Development telah meluncurkan beberapa proyek dan klaster baru di antaranya Mal Ciputra Tangerang, klaster Ayodya, Seminyak, Benoa, Champa, Villa Kuta Indah, dan Villa Nusa Indah di Citra Maja Raya, dan masih banyak lagi. Langkah ini diyakini dapat menjaga stabilitas pendapatan perseroan dan memberikan manfaat bagi sektor perekonomian wilayah setempat. 

Selama Semester I 2021, Ciputra Development berhasil membukukan marketing sales (pra-penjualan) senilai Rp 3,6 triliun. Angka ini menyumbang 61 persen dari total pra-penjualan yang ditetapkan tahun ini yaitu Rp 5,9 triliun. 

Candra mengatakan pihaknya optimistis perseroan dapat mencapai target pra-penjualan tersebut karena adanya sejumlah faktor pendukung. Dia menjelaskan, di antaranya yaitu tata kelola manajemen berpengalaman, inovasi pengembangan produk yang ditawarkan, dan insentif yang diberikan Pemerintah. 

Untuk mendukung target tersebut, perseroan telah meluncurkan dua proyek baru yaitu Apartemen CitraLand Mark Ciracas seluas 7 hektar di Jakarta Timur serta CitraLand Puncak Tidar seluas 32 hektar di Malang, Jawa Timur. Selain itu, perseroan juga akan meluncurkan klaster baru di beberapa proyek yang akan berjalan, contohnya Klaster Monterrey di CitraLand Cibubur. "Kami akan terus mengkaji pengembangan konsep produk baru dan menerapkan strategi penjualan digital untuk mencapai target tahun ini," tutur Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan Tulus Santoso. (H-3)

BERITA TERKAIT