11 June 2021, 10:45 WIB

Presiden Instruksikan Percepatan Pembangunan Infrastruktur


Andhika Prasetyo | Ekonomi

Dok/Istana Presiden
 Dok/Istana Presiden
Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Jawa Timur beberapa bulan lalu.

PRESIDEN Joko Widodo menginginkan adanya percepatan pembangunan infrastruktur demi mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat.

Salah satu akselerasi yang diapresiasi kepala negara ialah pembangunan Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah.

Lapangan terbang tersebut sedianya belum 100% selesai. Runway sepanjang 1.600 meter dan lebar 30 meter sudah rampung namun terminalnya masih dalam proses pengerjaan.

Kendati demikian, bandara itu sudah beroperasi melayani penerbangan ke beberapa daerah.

"Ini bagus. Saya senang. Meskipun terminalnya masih terminal darurat, belum selesai, tapi airportnya sudah dipakai. Saya kira lebih produktif seperti itu dari pada kita harus menunggu terminalnya selesai baru dilakukan penerbangan," ujar Jokowi di Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (11/6).

Kepala negara pun meminta strategi serupa diterapkan dalam pembangunan bandara-bandara lain di Indonesia.

Dengan cara itu, ia meyakini infrastruktur-infrastruktur akan lebih cepat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan negara.

"Di bandara ini sudah ada penerbangan dari Jakarta ke Purbalingga, kemudian dari Purbalingga ke Surabaya. Kita melihat juga penumpang lebih dari 70%. Kita harapkan mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas logistik akan menjadi lebih baik sehingga akhirnya memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah bagian selatan ini," tandasnya. (Pra/OL-09)

BERITA TERKAIT