07 June 2021, 23:30 WIB

Jumlah Lowongan Kerja di Indonesia Mulai Alami Peningkatan


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

Dok. Jobstreet
 Dok. Jobstreet
Diskusi virtual mengenai situasi ketenagakerjaan yang digelar JObStreet

COUNTRY Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim menyebut bahwa jumlah lowongan kerja di Indonesia mengalami peningkatan rata-rata 31 persen setiap bulannya pada 2021 jika dibandingkan pada 2020.

"Jumlah lowongan kerja terus meningkat pada 2021, meskipun belum kembali ke tingkat pra-COVID," kata Faridah dalam diskusi viirtual di Jakarta, Senin (7/6).

Adapun 10 industri dengan lowongan terbanyak dan alami peningkatan tertinggi di 2021 yakni pada posisi pertama diisi oleh pekerjaan bidang manajemen/konsultasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengalami peningkatan 46 persen.

"Sektor manajemen atau konsultasi SDM termasuk yang mengalami peningkatan signifikan," tukas Faridah.

Kemudian, bidang layanan kesehatan/medis yang meningkat 45 persen. Posisi ketiga ditempati sektor transportasi/logistik yang naik 39 persen.

"Meningkatnya sektor transportasi/logistik ini sejalan dengan semakin maraknya masyarakat yang belanja lewat e-commerce. Ini memang berkembang pesat. Jadi berkaitan," ujar Faridah.

Posisi lowongan selanjutnya yakni perdagangan umum dan grosir yang naik 38 persen; serta makanan, minuman, katering, dan restoran sebesar 35 persen.

Baca juga : Pemerintah Gandeng Kampus untuk Presidensi G20 Indonesia 2022

"Jika pada masa PSBB orang tidak bisa makan di restoran, banyak yang memanfaatkan layanan pesan antar, kini restoran sudah mulai buka, sudah mulai banyak yang makan dan minum di restoran," ujar Faridah.

Lima industri lain yang juga mengalami peningkatan lowongan yakni sektor teknologi informasi (28 persen), produk konsumen (23 persen), ritel (23 persen), manufaktur (22 persen), dan properti (12 persen).

"Ini adalah 10 besar industri yang memberikan harapan lowongan pekerjaan di saat pandemi, yang dapat menjadi peluang," pungkas Faridah

Di silain, JobStreet akan kembali mengadakan Virtual Career Fair pada  9-11 Juni 2021. Di bulan Maret lalu, JobStreet telah mengadakan Virtual Career Fair yang pertama, yang didukung oleh 38 perusahan yang menyediakan lowongan pekerjaan dan dikunjungi oleh lebih dari 410 ribu pencari kerja. 

"Kami melihat bahwa Virtual Career Fair telah membantu banyak masyarakat Indonesia dalam menemukan pekerjaan untuk meningkatkan karier mereka. Virtual Career Fair adalah cara JobStreet untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan selama masa pandemi dengan aman dan efisien, di mana para pencari kerja dapat menghadirinya dari kenyamanan rumah mereka masing-masing,” tambah Faridah Lim.

JobStreet Virtual Career Fair nanti akan didukung 100 perusahaan yang menyediakan 1.000 lowongan kerja, Kemudian ada virtual booth perusahaan dan konten multimedia yang disiarkan langsung bagi pencari kerja. Jobstreet juga akan menyediakan fitur chatbot yang memungkinkan pencari kerja berbicara langsung dengan perwakilan perusahaan. (Ant/OL-7)

BERITA TERKAIT