10 May 2021, 14:45 WIB

Kepulangan Pekerja Migran Picu Lonjakan Kasus di Lima Provinsi


Andhika Prasetyo | Ekonomi

ANTARA
 ANTARA
Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) berada di dalam kamar karantina, di Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu (8/5).

LONJAKAN signifikan kasus harian covid-19 terjadi di lima provinsi akibat kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) dari luar negeri. Adapun, lima provinsi tersebut meliputi Kepulauan Riau, Riau, Sumatra Selatan, Aceh dan Kalimantan Barat.

Pemerintah mencatat tingkat keterisian tempat tidur di Kepulauan Riau sudah mencapai 59,9%, Riau 59,1%, Sumatra Selatan 56,6%, dan Kalimantan Barat 50,6%. Angka tersebut jauh di atas rata-rata tingkat keterisian di Jawa yang hanya 40%.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah memastikan akan memperketat pengawasan di daerah-daerah yang menjadi pintu masuk kedatangan para PMI. "Ini diperlukan penanganan khusus. Sesuai instruksi Mendagri, koordinasi dilakukan oleh pemerintah daerah, satgas dan pangdam setempat," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomiam Airlangga Hartarto di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (10/5).

Airlangga mengatakan, pada periode April hingga awal Mei, sebanyak 49 ribu PMI sudah pulang ke Tanah Air. Dalam prosesnya, mereka harus melalui berbagai tahapan seperti tes PCR dan karantina.

Khusus bagi PMI yang tiba dari Malaysia dan telah menyelesaikan berbagai tahapan yang telah ditetapkan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyediakan transportasi berupa kapal dan bus untuk mengantar mereka hingga ke daerah tujuan. Hal tersebut dilakukan agar pengawasan bisa dilakukan secara maksimal. (P-2)

BERITA TERKAIT