06 May 2021, 22:50 WIB

Sandiaga Bakal Bangun Travel Pattern Gili Trawangan - Sanur Bali


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
 ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Menteri Pariwista dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno (kanan)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Meparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akan membangun travel pattern atau pola perjalanan pariwisata dari Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (NTB) ke Sanur, Bali.

Dia mengklaim daerah Gili Trawangan masuk dalam zona hijau penyebaran covid-19, sehingga dianggap aman dan dapat menarik wisatawan dengan pola perjalanan itu.

"Karena Gili Trawangan merupakan zona hijau, kami akan buatkan travel pattern (pola perjalanan), diinterkoneksikan dengan kawasan wisata zona hijau lainnya seperti Sanur di Bali," jelasnya dalam akun sosial medianya, Kamis (5/6).

Dalam mewujudkan rencana itu, Kemenparekraf akan bekerja sama dengan pelaku sektor pariwisata yang ada di Bali untuk menjual paket wisata yang menghubungkan dengan daerah Gili Trawangan.

Seperti diketahui, pemerintah berencana membuka perbatasan wilayah Bali untuk menerima turis asing pada Juni atau Juli mendatang di tiga daerah zona hijau, yakni di Sanur, Nusa Dua dan Ubud.

Baca juga: Sandiaga Kembangkan Wisata Halal lewat Masjid Istiqlal

Protokol kesehatan, kata Sandiaga, harus menjadi pedoman dalam pariwisata. Pihaknya tidak ingin dengan pembukaan wisata di suatu daerah akan menjadi momok karena penularan covid-19.

"Kami menyampaikan pesan yang tegas bahwa pariwisata bukan bagian dari permasalahan, melainkan bagian dari solusi kebangkitan ekonomi kita," tutur Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandiaga juga mengaku beberapa program telah disiapkan pihaknya agar menggairahkan tempat wisata, seperti penyelenggaraan event yang dinilai menjadi salah satu langkah paling efektif dalam mendatangkan wisatawan nusantara.

"Saya menyampaikan komitmen untuk membangkitkan sektor destinasi wisata Gili Trawangan yang sudah satu tahun ini terkena dampak yang begitu hebat. Seperti penyelenggaraan event," pungkas Politikus Gerindra itu.(OL-5)

BERITA TERKAIT