30 April 2021, 22:10 WIB

Di Masa Pandemi, Rumah Precast Diminati


mediaindonesia.com | Ekonomi

Dok Modernland
 Dok Modernland
Contoh rumah yang dibangun precast di cluster New Shinano Precast, JGC. 

ANIMO masyarakat terhadap rumah precast di perumahan skala kota (township) Jakarta Garden City (JGC), Jakarta Timur terbukti begitu tinggi. Hanya dalam waktu dua minggu, sebanyak 23 unit rumah di cluster La Seine Precast Tahap 1 terjual habis. Bahkan banyak calon pembeli yang tidak berhasil mendapatkan unit.   

Sebelumnya Jakarta Garden City juga sukses memasarkan cluster New Shinano Precast sebanyak 120 unit yang dipasarkan seharga Rp1,3 miliar.

Merespons hal itu, PT Mitra Sindo Sukses, anak usaha PT Modernland Realty Tbk yang mengembangkan kawasan JGC berinisiatif meluncurkan rumah La Seine Precast Tahap 2.

Baca juga: Jakarta Garden City Percepat Pembangunan

"Bagi calon konsumen yang belum berhasil mendapatkan unit, terbuka kemungkinan untuk bisa membeli rumah La Seine Precast Tahap 2, tentu harus cepat mengingat jumlahnya sangat terbatas,” ujar Helen Hamzah, Director Marketing Urban Development PT Modernland Realty Tbk dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/4).

Ia menjelaskan, rumah precast di cluster La Seine Tahap 2 dipasarkan dengan harga mulai Rp1,7 miliar dengan waktu serah terima hanya dalam waktu 6 bulan.

"Jakarta Garden City terus berupaya menangkap peluang dari stimulus  pemerintah untuk menggairahkan sektor properti yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19. Salah satunya dengan meluncurkan rumah precast yang pembangunannya lebih cepat sehingga bisa serah terima dalam waktu 6 bulan," beber Helen.  

Rumah precast di cluster New Shinano Precast dan La Seine Precast menggunakan material facade dan struktural precast M Panel lansiran PT Modern Panel Indonesia. Mereka berhasil membangun rumah precast di cluster New Shinano Precast hanya dalam waktu 75 hari. Pengerjaan rumah ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan cara konvensional yang biasanya memerlukan waktu hingga 12 bulan.

Baca juga: Siloam Clinic Buka Faskes di Jakarta Garden City

General Manager Operational PT Modern Panel Indonesia Hendy Wijaya Budijanto mengatakan, facade precast M Panel merupakan dinding luar yang diproduksi dengan material full beton secara pabrikasi dengan sistem pracetak. 

"Diproduksi secara cepat dengan mesin precast teknologi terbaru, mutu beton yang berkualitas dengan menggunakan material terbaik, lebih presisi dan telah lolos uji QC," ujarnya.

Keunggulan facade precast M Panel antara lain dinding siap untuk langsung dicat, pengerjaan dinding bangunan lebih cepat, tidak terjadi retak rambut, permukaan rata dan halus, lebih kokoh, low maintenance, thermal insulation, tahan terhadap kebocoran, lebih kedap suara, juga tahan gempa. 

"Yang pasti penggunaan facade precast M Panel bisa menghemat waktu dan biaya pengerjaan konstruksi,” kata Hendy.

Baca juga: Dengan Teknologi Precast, Rumah Selesai dalam 75 Hari 

Lantaran memiliki banyak keunggulan, Helen Hamzah menambahkan, ke depan Modernland Realty akan semakin memperbanyak penggunaan teknologi precast di setiap proyek properti yang dikembangkan. 

"Modernland Realty ingin menjadi pionir dalam segi pengembangan properti dengan teknologi precast di Indonesia,” ujar Helen Hamzah.

Cluster La Seine dikembangkan diatas lahan seluas 9,2 hektare,  terletak di kawasan River Garden Jakarta Garden City. Keunggulan dari cluster La Seine adalah menyediakan ruang terbuka hijau yang cukup luas, yakni hingga mencapai 60% dari total lahan pengembangan cluster. (RO/X-12)

BERITA TERKAIT