15 April 2021, 22:10 WIB

Dengan Teknologi Precast, Rumah Selesai dalam 75 Hari 


mediaindonesia.com | Ekonomi

Dok Modernland
 Dok Modernland
Proses konstruksi rumah menggunakan metode precast 

PENGGUNAAN material precast diyakini bisa menghemat waktu dan biaya pengerjaan konstruksi rumah tinggal. Precast merupakan dinding struktural yang diproduksi dengan material full beton secara pabrikasi dengan sistem pracetak.

Sebagai contoh, PT Modern Panel Indonesia sebagai produsen material ModernPrecast (MPrecast) mengaku berhasil menyelesaikan pembangunan rumah berteknologi precast di cluster New Shinano Precast, Jakarta Garden City, Jakarta Timur, hanya dalam waktu 75 hari saja.

General Manager Operational PT Modern Panel Indonesia Hendy Wijaya Budijanto menyebut pengerjaan rumah ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan cara konvensional yang biasanya memerlukan waktu hingga 12 bulan. Soal kualitas, menurut dia, juga tidak kalah, bahkan diklaim lebih unggul ketimbang pembangunan cara biasa.

"Precast kami diproduksi secara cepat menggunakan mesin precast teknologi terbaru dengan mutu beton berkualitas, lebih presisi dan telah lolos uji quality control yang ketat," tandas Hendy dalam siaran pers, Kamis (15/4). 

Modern Panel bahkan sudah secara resmi melakukan serah terima kepada PT Mitra Sindo Sukses selaku pengembang Jakarta Garden City. Kedua perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk.

Technical Director Urban Development PT Modernland Realty Tbk Feriyawati Surja mengaku sangat puas dengan hasil pembangunan rumah yang dibangun menggunakan material precast M Panel. 

Menurutnya, banyak keunggulan dari material precast. Antara lain, pengerjaan dinding bangunan lebih cepat, dinding siap langsung dilakukan pengecatan, tidak terjadi retak rambut, permukaan rata dan halus, lebih kokoh, perawatan mudah, dan menahan panas.

"Precast juga tahan terhadap kebocoran dan lebih kedap suara, juga tahan gempa," ujar Feriyawati.

Stimulus pemerintah
Cluster New Shinano Precast merupakan salah satu respons dari Modernland terhadap kebijakan insentif bebas PPN 10% dari pemerintah untuk pembelian properti dengan rentang harga tertentu. 

Seperti diketahui, pemerintah memberikan insentif pada sektor properti dengan menanggung seluruh atau 100% PPN untuk rumah tapak dan rumah susun dengan harga jual paling tinggi Rp2 miliar dan menanggung setengah atau 50% PPN untuk harga jual rumah lebih dari Rp2 miliar sampai dengan Rp5 miliar. 

Ketentuan itu berjalan enam bulan, selama periode 1 Maret hingga 31 Agustus 2021. Adapun, persyaratan diberikannya insentif tersebut harus merupakan rumah baru yang diserahkan dalam kondisi siap serah terima pada periode pemberian insentif.

Jakarta Garden City menangkap peluang itu salah satunya dengan meluncurkan rumah precast yang pengerjaannya cepat sehingga bisa diserahterimakan sebelum kebijakan stimulus pemerintah berakhir.

"Manfaatkan stimulus yang diberikan pemerintah dan promo harga maupun beragam bonus pembelian dari developer sebagai waktu yang tepat untuk meraih peluang investasi properti," tutup Director Marketing Urban Development PT Modernland Realty Tbk Helen Hamzah. (RO/X-12)

BERITA TERKAIT