28 March 2021, 08:43 WIB

Pemerintah Bangun Terminal BBM di 3 Lokasi di Timur Indonesia


Candra Yuri Nuralam | Ekonomi

ANTARA/Jojon
 ANTARA/Jojon
Ilustrasi--Terminal BBM di Sulawesi Tenggara

PEMERINTAH membangun terminal bahan bakar minyak (BBM) di tiga titik di wilayah timur Indonesia. Terminal BBM itu diharap bisa menggenjot pariwisata di wilayah timur Indonesia.

"Lokasinya di Terminal Multipurpose, Pelabuhan Wae Kelambu, Labuhan Bajo," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui keterangan tertulis di akun Instagram @budikaryas, Sabtu (27/3).

Budi berharap terminal BBM itu bisa membuat pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Baru, Nusa Tenggara Timur, dan Bali Baru bisa berkembang.

Baca juga: Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh 5%, Begini Syaratnya

Selama ini, kata dia, transportasi ke daerah-daerah itu terkendala dengan lokasi BBM yang terlalu jauh.

"Pelama ini BBM nonavtur dipasok dari Terminal BBM di Reo, yang berjarak 200 km dari Labuan Bajo, yang butuh enam jam pengirimannya. Pasokan avtur malah lebih jauh lagi, 600 km dikirim dari Ende, dan butuh waktu 12 jam," ujar Budi.

Menurut Budi, jika terminal BBM dekat, transportasi ke daerah-daerah wisata yang ditarget itu bakal menjadi lebih banyak.

Sehingga, kata dia, minat masyarakat melancong ke sana bisa meningkat.

"Jika nanti kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo terus meningkat, yang membuat naiknya aktivitas perekonomian masyarakat, tentu pasokan harus lebih cepat," pungkas Budi. (OL-1)

BERITA TERKAIT