18 March 2021, 14:30 WIB

Senilai Rp839 Miliar, Bandara Toraja Tampung 45 Ribu Orang Setahun


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

DOK Presidential Palace/Agus Suparto.
 DOK Presidential Palace/Agus Suparto.
Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Toraja, Kamis (18/3).

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan dua bandara sekaligus yaitu Bandara Toraja di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, dan Bandara Pantar di Alor, Nusa Tenggara Timur.

Peresmian kedua bandara tersebut dilakukan di Bandara Toraja, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, pada Kamis (18/3). Menhub menjelaskan kehadiran Bandara Toraja dibangun untuk mempermudah aksesibilitas masyarakat dari dan ke Tana Toraja. Bandara ini dikatakan mampu menampung lebih 45 ribu orang dalam setahun.

Menurut Budi dalam keterangannya, Kamis (18/3), Bandar Udara Toraja, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, dibangun dengan alokasi anggaran sebesar Rp839 miliar memiliki dimensi landasan pacu 2.000x30 meter. Saat ini dikatakan baru efektif beroperasi sepanjang 1.700 m.

Lalu, bandara itu dilengkapi dengan apron berdimensi 94,5x67 meter berkapasitas dua parking stands untuk jenis pesawat ATR 72-500/600. Bandara Toraja juga dilengkapi dengan terminal penumpang dengan luas 1.152 m² yang dibangun dengan mengusung desain kearifan lokal rumah adat Toraja, yaitu tongkonan yang dilengkapi dengan lumbung padi disebut alang.

Bandara tersebut beroperasi sejak 4 September 2020. Ada dua maskapai yaitu Wings Air dan Citilink yang melayani tiap hari dengan rute Makassar-Toraja dan rute sebaliknya.

Di sisi lain, Bandara Pantar di Alor, NTT, dibangun untuk menciptakan konektivitas di Alor yang merupakan daerah terluar di provinsi tersebut. Bandara ini bisa didarati pesawat jenis grand caravan dan bisa menampung penumpang hingga 35 ribu penumpang per tahun.

Bandara Pantar di Alor, NTT, dibangun dengan alokasi APBN sebesar Rp103 miliar. Disebut memiliki fasilitas sisi udara berupa landas pacu berdimensi 900x30 m dan apron berdimensi 70x65 m. Pada fasilitas sisi darat, Bandara Pantar dilengkapi gedung terminal penumpang dengan luas 800 m². (OL-14)

BERITA TERKAIT