21 January 2021, 14:30 WIB

Presiden Minta Kembangkan Ekonomi Hijau


Andhika Prasetyo | Ekonomi

MI/Akhmad Safuan
 MI/Akhmad Safuan
Petani jeruk organik Blora, Jawa Tengah.

PRESIDEN Joko Widodo mengungkapkan industri ekonomi hijau akan menjadi penopang perekonomian nasional di masa mendatang. Kesadaran masyarakat untuk mencintai lingkungan dan hidup lebih sehat menjadi faktor utama yang akan mendorong industri tersebut.

"Saya melihat kita memiliki kekuatan di ekonomi hijau. Ke depan, kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup semakim tinggi. Ini akan berpengaruh terhadap kondisi ekonomi, terhadap bisnis global, dan tentu saja akan berpengaruh terhadap ekonomi kita," ujar Jokowi dalam pembukaan Kompas100 CEO Forum 2021, Kamis (21/1).

Oleh karena itu, ia meminta seluruh pihak, mulai dari pencetus kebijakan hingga pelaku usaha dapat bekerja sama mengembangkan sektor tersebut mulai dari sekarang. Indonesia, lanjut Jokowi, jangan sampai tertinggal dari negara-negara di kawasan yang juga sudah mulai membidik hal serupa.

"Bahkan dI Eropa sudah mulai dibuat undang-undang yang membatasi. Semua ke depan saya lihat green product akan berkembang, baik yang low carbon, resource efficient, maupun socially inclusive. Semua hal yang mengurangi risiko lingkungan akan berkembang dan kita memiliki kesempatan yang besar juga masuk sana, baik dari sisi produksi, distribusi, maupun konsumsi," tandas Jokowi. (OL-14)

BERITA TERKAIT