01 January 2021, 18:23 WIB

Menhub: 382 Kapal dan 15 Ribu Petugas Berjaga saat Libur Nataru


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

HO Humas Kemenhub.
 HO Humas Kemenhub.
 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan ratusan kapal dan ribuan petugas berjaga di pelabuhan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal itu disampaikan saat melakukan tinjauan ke ke pangkalan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut, di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (1/1).

“Ada sekitar 382 kapal penjagaan dan kurang lebih 15.000 petugas yang bertugas piket Nataru meski di hari libur, untuk memastikan keselamatan dan keamanan pelayanan angkutan Natal dan Tahun Baru. Di sini sayamemberikan semangat kepada mereka," kata Budi dalam keterangannya, (1/1).

Lebih lanjut, Budi meminta kepada para petugas agar tidak lengah dalam melakukan pengawasan guna menjamin kegiatan liburan Nataru berjalan dengan aman dan lancar serta memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Tahun Ini, Sandiaga Targetkan 7 Juta Kunjungan Wisman

“Tugas para penjaga laut dan pantai sangat berat terlebih di masa pandemi. Mereka memiliki tugas menjaga dan melakukan rescue (penyelamatan) kepada kapal-kapal yang berlayar di laut Indonesia yang begitu luas dari Sabang sampai merauke. Mereka tidak boleh lengah dan harus mengawal pelayaran khususnya di masa libur Nataru," jelas Menhub.

Budi menambahkan, akan melakukan evaluasi terhadap Pangkalan-pangkalan KPLP, khususnya yang berbatasan dengan negara lain dari ancaman atau gangguan adanya kapal-kapal negara lain yang melanggar aturan.

Pihaknya akan berkolaborasi dengan instansi terkait seperti Bea Cukai untuk memperkuat pengawasan di perbatasan.

“Pangkalan yang paling harus di evaluasi adalah pangkalan-pangkalan yang berbatasan dengan negara lain khususnya di daerah Batam dan sekitarnya, khususnya terkait masalah penyeludupan," tegas Budi. (OL-4)

BERITA TERKAIT