30 August 2020, 14:39 WIB

Akhir September, Subsidi Gaji Tuntas Diterima Pekerja


Fachri Audhia Hafiez | Ekonomi

Antara
 Antara
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah 

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan mempercepat distribusi bantuan pekerja formal non-aparatur sipil negara (ASN) dengan gaji di bawah Rp5 juta. Bantuan langsung tunai (BLT) tersebut seluruhnya bakal tersalurkan akhir September 2020.

"Akhir September 2020 sudah selesai 15,7 juta (pekerja)," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam program Crosscheck FromHome by Medcom.id bertajuk 'Subsidi Gaji Rp600 Ribu Ala Jokowi', Minggu (30/8).

Ida mengatakan, distribusi bantuan tersebut dilakukan secara bertahap. Tahap awal tersalurkan ke 2,5 juta pekerja yang telah melewati validasi dan verifikasi data.

"Jumlah 2,5 juta itu minimal ya, kami bisa lebih dari jumlah itu," ujar Ida.

Ida meminta pekerja tak khawatir bantuan tersebut tidak tersalurkan. Karena bantuan butuh waktu untuk disalurkan. Salah satu kendalanya yakni subsidi gaji bagi pekerja yang ditransfer melalui bank non Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) membutuhkan waktu lebih lama. Bank Himbara yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dsn BTN.

Baca juga : Pemerintah Harus Fokus ke Perlindungan Sosial

"Tentu ada waktu yang berbeda jenis. Sabar sedikit ya, pokoknya dia memenuhi syarat untuk memperoleh bantuan itu," kata Ida.

Mekanisme penyaluran bantuan subsidi sebesar Rp600 ribu per bulan ini akan berjalan selama empat bulan. Sehingga total yang diterima pekerja sebesar Rp2,4 juta.

Bantuan yang mengalokasikan anggaran Rp37,7 triliun ini akan diberikan setiap dua bulan sekali. Sehingga pekerja akan menerima Rp1,2 juta sekaligus dalam dua bulan.

Di sisi lain, tantangan yang dihadapi Kemenaker dalam program ini yakni terdapat 1,9 juta perusahaan yang belum memberikan nomor rekening pekerja penerima bantuan. Ia berharap perusahaan segera memenuhi persyaratan itu.

"Kepada pengusaha dan pekerja yang sudah memenuhi syarat segera untuk melengkapi menyerahkan nomor rekeningnya," ujar Ida. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT